Kamis, 09 April 2015

3 Jenis Ragi untuk Adonan Pastry Mengembang Sempurna!

Rasa serta aroma pada pastry juga dipengaruhi oleh ragi yang digunakan untuk mengembangkan adonan yang dibuat. Semua koki yang sudah berpengalaman membuat olahan tepung gandum yang manis selalu mengutamakan kualitas ragi. Sebab ragi memberikan pengaruh besar karena berfungsi menstabilkan reaksi antara tepung dengan air. Sehingga masakan yang dibuat bisa matang dengan sempurna tanpa ada kesalahan baik rasa hingga tekstur.


Untuk skala rumahan memang kebutuhan akan ragi lebih terbatas, sehingga sebaiknya membeli sesuai kebutuhan. Berikut adalah jenis-jenis ragi yang ada di pasaran sebagai bahan wajib dalam patiseri yang membutuhkan pengembang:

Compressed yeast, merupakan jenis ragi yang mengandung 70% air sehingga jika dibekukan bisa tahan lebih lama.
Active dry yeast, mengandung kadar air 7,5% bentuknya berupa bulatan kecil dan harus dilarutkan sebelum ditambahkan ke adonan.
Instant dry yeast, mengandung kadar air yang sedikit sehingga cocok untuk Indonesia yang beriklim tropis dan bentuknya berupa serbuk.

Pada dasarnya ragi merupakan sejenis bakteri yang memiliki sifat menghasilkan gas karbondioksida yang menjadikan adonan mengembang. Adonan yang bisa mengembang akan mendukung tampilan serta tekstur yang lembut dan tidak bantat. Hasilnya rasa dari olahan tepung bercampur ragi yang dibuat akan berkualitas dan ampuh memanjakan lidah. Meskipun beberapa jenis pastry tidak membutuhkan ragi, untuk resep yang memerlukan bahan fermentasi ini pilih yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar